Selasa, 03 November 2009

Tentang Synchronicity

synchronicity-jung-lrg Dari sebuah buku saya mendapatkan sebuah cerita tentang apa yang dialami oleh Carl Gustav Jung, seorang Psikoanalis yang banyak memperhatikan peranan mimpi bagi kesehatan psikis manusia. Suatu ketika ia sedang memberikan konsultasi ke seseorang yang menceritakan mimpinya melihat seekor lebah. Pada saat yang bersamaan, di kaca jendela tempat konsultasinya ada seekor lebah menabrak-nabrakkan dirinya ke kaca. Jung berpikir, apakah ini sebuah kebetulan?
Saya sendiri sejak membaca itu jadi mencoba untuk aware pada hal-hal serupa. Pernah saya sedang menonton channel Metro TV tapi tidak serius karena saya sedang membayangkan sebuah persoalan. Sungguh aneh bin ajaib, saya menemukan ada tayangan kata-kata mutiara yang isinya benar-benar persis menggambarkan apa yang sedang saya bayangkan. Bagaimana mungkin ini terjadi. Lagi, apakah ini sebuah kebetulan?
Saya bisa menulis panjang lebar tentang ini, karena saya sudah cukup lama merenungkannya dan mengalami banyak hal yang berkaitan dengannya. Tapi apa artinya kalau ternyata kita baru bisa menyadari kehadirannya justru ketika kita sedang tidak berharap hal itu datang? Apa pula artinya, dan ini yang sedang saya alami, bila sudah untuk beberapa waktu saya tidak bisa menyadari kehadirannya? Apakah benar-benar sedang menghilang sementara, atau karena sesuatu hal kepekaan saya jadi berkurang?
Gambar sampul buku yang ada pada posting ini saya dapatkan dari search. Saya malah baru tahu kalau Jung pernah secara khusus menulis tentang ini. Isinya pasti sangat menarik. Yang saya baca adalah dari sebuah buku terbitan Gramedia tentang Jung, yang judul persisnya saya sudah lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar